Pendekatan Divisi Kesehatan Mental untuk Mahasiswa

Oleh : Nada Raudah Mumtazah

Kesehatan mental merupakan salah satu penunjang kesejahteraan mahasiswa yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Hal tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan. Kesehatan mental mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetika, keluarga, pertemanan, gaya hidup, sosial, dan berbagai faktor lainnya. Untuk itu, solusi yang diperlukan adalah dengan memahami dan mengendalikan faktor-faktor tersebut agar tidak lagi mengganggu kesehatan mental mahasiswa. Mahasiswa seringkali tidak sadar dengan faktor yang biasanya tertanam sejak lama, sehingga Divisi Kesehatan Mental tentunya harus bergerak untuk menolong dan mengembalikan hak kesejahteraan mahasiswa tersebut.

Solusi pertama yaitu dengan pendekatan acceptance oleh Divisi Kesehatan Mental. Pendekatan ini dilakukan dengan menyebarluaskan kampanye mengenai faktor-faktor dari kesehatan mental ini, agar mahasiswa mulai menyadari dan menerima kenyataan atas kondisi yang terjadi. Hal ini penting karena untuk mengetahui dan mencabut akar masalah dari setiap individu yang tentunya tidak sama rata. Divisi Kesehatan Mental tentunya akan melanjutkan program yang telah ada untuk membantu menemukan akar masalah tersebut melalui konsultasi pribadi.

Solusi kedua yaitu dengan positive-reframing, yaitu mencari hikmah positif dari kondisi yang dialami dan mencoba sudut pandang baru yang lebih positif dalam melihat kenyataan. Pendekatan ini tidak dilakukan untuk kabur dari masalah, tetapi justru mencari penyelesaian masalah yang belum pernah terpikirkan sebelumnya dari sudut pandang baru. Program Read to Heal dan konsultasi dari Divisi Kesehatan Mental berupaya untuk memberikan mahasiswa bacaan yang dapat menjernihkan pikiran serta konsultasi untuk mendengarkan kisah dari sudut pandangnya yang masih belum dapat ia selesaikan.

Solusi terakhir yaitu dengan pendekatan self-distraction, yaitu mengalihkan perhatian melalui aktivitas lain yang bersifat rekreasi ataupun produktif. Hal ini merupakan salah satu inovasi karena Divisi Kesehatan Mental akan bekerjasama dengan divisi lainnya untuk menciptakan section khusus dalam platform angkatan untuk memberikan informasi acara, perekrutan anggota baru, volunteer, dan semacamnya secara sistematis. Divisi ini juga berencana membuat program yang menampilkan karya dan prestasi mahasiswa setiap bulannya di mading online. Hal ini dilakukan untuk menjaga para mahasiswa tetap produktif dalam melakukan hobinya sehingga dapat menjaga mentalnya tetap sehat dan bahagia.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai